1. pengembangan
sosial emosional
pada
permulaan tahun ajaran, penyediaan alat permaian yang dapat di mainkan oleh
anak sendirian sangat membantunya menyesuaikan diri pada situasi baru,
contohnya adalah:
-
puzzle,
dari yang satu potongan gambar
-
alat
meronce berbentuk manic-manik besar dengan tali dan lubang yang cukup besar
-
buku
perpustakaan yang terdiri atas buku dengan gambar yang besar dan huruf yang
sedikit
-
lilin
untuk membentuk, dari bentuk yang mudah
-
alat
untuk menggambar semua yang akan di ekspresikannya
-
pasir,
rumah-rumahan dan alat masak-masak untuk bermain
alat
permainan untuk perkembangan emosi-sosial:
-
balok
bangunan, dengan berbagai ukuran, bentuk dan warna
-
mozaik
-
puzzle
lantai yang dapat dimainkan bersa
-
papan
permainan
-
permainan
sudut keluarga
-
bermain
peran aktivitas di pertokoan, rumah sakit, polisi kantor pos, dll.
2. pengembangan
motorik halus
alat
yang di gunakan harus bervariasi:
·
lilin
·
bahan
untuk membuat kue, adonan terigu dan garam
·
papan
tulis, kertas, tanah, ranting kayu, pensil gambar, dan spidol
·
jari-jemari
·
alat
pasang memasang
·
alat
Montessori
·
lembaran
kertas
·
gunting
untuk memotong kertas
·
bentuk
geometri untuk menciplak biji bekel
3. pengembangan
motorik kasar
alat
permainan yang di gunakan:
o
kantong
biji untuk di lempar, ditangkap dan diletakkan di kepala sambil berjalan
o
simpai
untuk kegiatan melompat
o
titian
untuk meniti sambil melihat lurus ke depan
o
bola
besar dan kecil untuk latihan melempar dan menangkap
4. pengembangan
bahasa
§ gambar-gambar yang ada di
lingkungan anak, misalnya di rumah untuk
kebersihan ada sapu lantai, sapu lidi; peralatan dapur ada piring, sendok,
gelas.
§ Alat permainan gambar
lotto, gambar berurutan, gambar mencocokkan pasangan
§ Alat tulis dan menggambar
§ Kumpulan buku cerita pendek
§ Kumpulan gambar, poster
berbagai tema sebagai konsep dasar yang perlu di ketahui anak
§
Boneka
tangan dan jari
5. Persepsi
penglihatan
Benda,
gambar, bentuk huruf, bentuk geometri dari berbagai warna dan ukuran untuk di
kelompokkan
Bermacam-macam
papan permainan yang di gunakan untuk berbagai macam bentuk balok yang berwarna
6. Persepsi
pendengaran (pengamatan dan ingatan)
v Puzzle dan gambar untuk
mencocokkan antara suara yang di dengar dengan gambar yang berhubungan dengan
suara tersebut
v Alat music dan benda-benda
lain yang dapat menghasilkan bunyi
v
Buku
cerita
7. keterampilan
berpikir
Ø berbagai alat permainan
berbentuk keping-keping
Ø bentuk mozaik
Ø batu untuk menghitung
Ø
alat
Montessori dan cuisionare
Tidak ada komentar:
Posting Komentar