1.
PENGERTIAN
TLM
Perilaku seseorang dapat dapat
dikatakan menyimpang jika perilaku tersebut dapat merugikan dirinya sendiri
maupun orang lain dan melanggar aturan-aturan nilai-nilai serta norma menurut
andi mappiare (1982), perilaku menyimpang disebut perilaku / tingkah laku
bermasalah. Perilaku agresif ada yang menganggap debagai perilaku menyimpang
karena telah melangar norma dari tata krama kita yang cenderung mengajarkan
anak menjadi penurut. Dengan kata lain, anak yang baik adalah ank yang menurut
pada apa yang dikehendaki oleh orangtua, guru, da orang dewasa lainnya. Menurut
pandangan aliran behaviorisme perilaku menyimpang trjadi apabila :
a.
Seseorang dihadapkan
pada konflik-kkonflik yang tidak mampu diatasinya
b.
Seseorang gagal
menemukan cara-cara penyesuaian yang cocok untuk perilaku
c.
Seseorang belajar
tentang cara-cara yang tidak mampu di atasinya
Sedangkan
ciri-ciri pribadi mental yang sehat:
1)
Perasaan yang aman dan
tenteram
2)
Mempunyai spontanitas
dan emosional
3)
Mampu menilai dirinya
secara objektif dan positif
4)
Mempunyai kontak dengan
sesuatu yang realita
5)
Memiliki dorongan dan
nafsu jasmaniah yang sehat
6)
Mempunyai pemahaman
diri yang baik
7)
Mempunyai tujuan hidup
yang sehat
8)
Memiliki kemapuan untuk
belajar
9)
Adanya kesanggupan untuk
memenuhi kebutuhan kelompok
10)
Adanya sikap emansipasi
yang sehat terhadap kelompok
2.
JENIS-JENIS
TLM
a)
Berbohong
Anak
kecil yang berbohong biasanya tidak bermaksud menipu orang lain, melainkan
sedang mengkhayal. Kebohongan yang terjadi antara lain karena ia
membesar-asarkan , tidak akurat dan meniru ketidak jujuran orang lain
disebabkan hasrat anak untuk menghindari hukuman atau ancaman hukum.
b)
Kecurangan
Kecurangan
dalam permainan umum terjadi di antara ana semua usia karena kemenagan
mempunyai nilai sosial yang tinggi.
c)
Mencuri
Walaupun
kebanyakan anak belajar pada usia dini bahwa mengambil milik orang lainitu
salah, mereka melakukannya bilamana mereka menginginkan sesuatu yang dirasakan
tidak dapat diperoleh dengan cara lain. Mencuri paling umum terjadi bila anak
merasa mereka tidak akan tertangkap basah.
d)
Merusak
Pada
anak kecil merusak biasanya tidak disengaja, kecuali jika dilakukan sebagai
pembahasan. anak yang lebih besar kurang
merusak dari pada yang lebih kecil karena mereka takut dihukum. Merusak
biasanya sebagai kegiatan kelompok dan
merupakaan ekspresi permsuhan terhadap orang yang miliknya dirusak.
e)
Membolos
Pada
anak kecil membolos biasanya diakibatkan rasa takut ke sekolah / fobia sekolah
yang disebabkan karena situasi rumah. Pada anak yang lebih besar, membolos
biasanya disebabkan karena tidak menyukai sekolah yang disebabkan oleh
nilai-nilai buruk, kurangnya penerimaam teman sebaya , tidak naik kelas atau
hukuman karena perilaku salah.
3.
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA TLM
Faktor
internal:
a. Potensi
kecerdasan rendah
b.
Belajar penyesuain diri
yang salah
c.
Tingkah laku yang
menyimpang itu mendapatkan penguatan dari lingkungan
d.
Tidak menemukan
figur/model yang dapat digunakan sebagai
pedoman dalam kehidupan sehari-hari
e. Anak
mendapatkan dalam memuaskan keinginannya.
faktor
eksternal:
a. Lingkungan
keluarga
·
Suasana keluarga yanga
tidak menimbulkan rasa aman
·
Kontrol orang tua
rendah, menyebabkan berkurangnya disiplin
dalam kehidupan keluarga
·
Sifat oranga tua dalam
mendidik anak adalah sebagai berikut:
-
Oranga tua yang
otoriter, banyak mengatur dan menuntut terlalu keras kepada anak. Membuat
setiap masalah menjadi sesuatu yang terkontrol dan menciptakan lebih banyak
lagi pertentangan dan pemberontakan.
-
Orang tua jenis tenang,
orang tua ini mengeluarkan uang atau melapangkan hati mereka sendiri terhadap
batasan-batasan luar dengan tujuan untuk menghindari konflik.
-
Orang tua jenis
pencemas, orang tua jenis ini tidak menegakan disiplin yang semestinya kepada
anak-anak mereka dan mengasuuh anak mereka dengan penuh kekhawatiran.
-
Adanya krisis atau
transisi dalam hidup anak, seperrti perubahan situasi, pindah sekolah,
pindah kota atau menghadapi perceraian
orangtua.
-
Kehadirannya dalam
keluarga tidak diinginkan, sehingga orang tua tidak menyayanginya.
b. Lingkungan
sekolah
·
Pendekatan yang
dilakukan oleh guru tidak sesuai dengan
perkembangan anak
·
Sarana dan prasarana
sekolah kurang memadai, sehingga aktifitas anak sangat terbatas.
c. Lingkungan
masyarakat
·
Kurangnya partisipasi
aktif dari masyarakat dalam membelajarkan anak atau mencegah melakukan
pelanggaran
·
Adanya film yang
bertemakan kekerasan yang ditonton anak, termasuk film kartun, smack down
4.
USAHA-USAHA
GURU UNTUK MEMPERBAIKI TLM AUD
1) Hubungan
keluerga yang harmonis dan terbuka
2) Membantu
mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi anak
3) Menjalin
kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk menghindari dan mengatasi perilaku menyimpang anak
4) Menyediakan
sarana dan prasarana bermain sambil belajar dengan tujuan mengurangi
aktivitas anak yang negatif
5) Memberikan
hadiah pada anak setiap kali ia bermain
tanpa menyaakiti orang lain atau tanpa berteriak
6) Setiap
kali anak melakukan tingkah laku menyimpang, jangan memberikan hukuman fisik,
tetapi berilah hukuman dengan cara lain
7) Mengatakan
pada anak bahwa tingkah laku mengganggu orang lain, dengan cara yang tidak
menyakitkan perasaan atau menimbulkan perkelahian
8) Mengembangkan
pertimbangan-pertimbangan sosial dalam diri anak, seperti membeerikan
penjelasan tentang apa yang seharusnya dapat dilakukan untuk menghindari
perkelahian, apa akibat dari tingkah laku menyimpang yang dilakukannya
Sumber:
Mayar,Farida
dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar
Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar