Sabtu, 20 Desember 2014

TINGKAH LAKU MENYIMPANG (TLM)



1.      PENGERTIAN TLM
            Perilaku seseorang dapat dapat dikatakan menyimpang jika perilaku tersebut dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain dan melanggar aturan-aturan nilai-nilai serta norma menurut andi mappiare (1982), perilaku menyimpang disebut perilaku / tingkah laku bermasalah. Perilaku agresif ada yang menganggap debagai perilaku menyimpang karena telah melangar norma dari tata krama kita yang cenderung mengajarkan anak menjadi penurut. Dengan kata lain, anak yang baik adalah ank yang menurut pada apa yang dikehendaki oleh orangtua, guru, da orang dewasa lainnya. Menurut pandangan aliran behaviorisme perilaku menyimpang trjadi apabila :
a.      Seseorang dihadapkan pada konflik-kkonflik yang tidak mampu diatasinya
b.      Seseorang gagal menemukan cara-cara penyesuaian yang cocok untuk perilaku
c.       Seseorang belajar tentang cara-cara yang tidak mampu di atasinya
Sedangkan ciri-ciri pribadi mental yang sehat:
1)      Perasaan yang aman dan tenteram
2)      Mempunyai spontanitas dan emosional
3)      Mampu menilai dirinya secara objektif dan positif
4)      Mempunyai kontak dengan sesuatu yang realita
5)      Memiliki dorongan dan nafsu jasmaniah yang sehat
6)      Mempunyai pemahaman diri yang baik
7)      Mempunyai tujuan hidup yang sehat
8)      Memiliki kemapuan untuk belajar
9)      Adanya kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan kelompok
10)  Adanya sikap emansipasi yang sehat terhadap kelompok

2.      JENIS-JENIS TLM
a)      Berbohong
Anak kecil yang berbohong biasanya tidak bermaksud menipu orang lain, melainkan sedang mengkhayal. Kebohongan yang terjadi antara lain karena ia membesar-asarkan , tidak akurat dan meniru ketidak jujuran orang lain disebabkan hasrat anak untuk menghindari hukuman atau ancaman  hukum.
b)      Kecurangan
Kecurangan dalam permainan umum terjadi di antara ana semua usia karena kemenagan mempunyai nilai sosial yang tinggi.
c)      Mencuri
Walaupun kebanyakan anak belajar pada usia dini bahwa mengambil milik orang lainitu salah, mereka melakukannya bilamana mereka menginginkan sesuatu yang dirasakan tidak dapat diperoleh dengan cara lain. Mencuri paling umum terjadi bila anak merasa mereka tidak akan tertangkap basah.
d)     Merusak
Pada anak kecil merusak biasanya tidak disengaja, kecuali jika dilakukan sebagai pembahasan. anak yang lebih besar  kurang merusak dari pada yang lebih kecil karena mereka takut dihukum. Merusak biasanya sebagai kegiatan kelompok  dan merupakaan ekspresi permsuhan terhadap orang yang miliknya dirusak.
e)      Membolos
Pada anak kecil membolos biasanya diakibatkan rasa takut ke sekolah / fobia sekolah yang disebabkan karena situasi rumah. Pada anak yang lebih besar, membolos biasanya disebabkan karena tidak menyukai sekolah yang disebabkan oleh nilai-nilai buruk, kurangnya penerimaam teman sebaya , tidak naik kelas atau hukuman karena perilaku salah.

3.      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA  TLM
Faktor internal:
a.       Potensi kecerdasan rendah
b.      Belajar penyesuain diri yang salah
c.       Tingkah laku yang menyimpang itu mendapatkan penguatan dari lingkungan
d.      Tidak menemukan figur/model yang  dapat digunakan sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari
e.       Anak mendapatkan dalam memuaskan keinginannya.
faktor eksternal:
a.       Lingkungan keluarga
·         Suasana keluarga yanga tidak menimbulkan rasa aman
·         Kontrol orang tua rendah, menyebabkan berkurangnya disiplin  dalam kehidupan keluarga
·         Sifat oranga tua dalam mendidik anak  adalah sebagai berikut:
-          Oranga tua yang otoriter, banyak mengatur dan menuntut terlalu keras kepada anak. Membuat setiap masalah menjadi sesuatu yang terkontrol dan menciptakan lebih banyak lagi pertentangan dan pemberontakan.
-          Orang tua jenis tenang, orang tua ini mengeluarkan uang atau melapangkan hati mereka sendiri terhadap batasan-batasan luar dengan tujuan untuk menghindari konflik.
-          Orang tua jenis pencemas, orang tua jenis ini tidak menegakan disiplin yang semestinya kepada anak-anak mereka dan mengasuuh anak mereka dengan penuh kekhawatiran.
-          Adanya krisis atau transisi dalam hidup anak, seperrti perubahan situasi, pindah sekolah, pindah  kota atau menghadapi perceraian orangtua.
-          Kehadirannya dalam keluarga tidak diinginkan, sehingga orang tua tidak menyayanginya.
b.      Lingkungan sekolah
·        Pendekatan yang dilakukan oleh guru  tidak sesuai dengan perkembangan anak
·        Sarana dan prasarana sekolah kurang memadai, sehingga aktifitas anak sangat terbatas.
c.      Lingkungan masyarakat
·        Kurangnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam membelajarkan anak atau mencegah melakukan pelanggaran
·        Adanya film yang bertemakan kekerasan yang ditonton anak, termasuk film kartun, smack down

4.      USAHA-USAHA GURU UNTUK MEMPERBAIKI  TLM AUD
1)      Hubungan keluerga yang harmonis dan terbuka
2)      Membantu mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi anak
3)      Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk menghindari  dan mengatasi perilaku menyimpang anak
4)      Menyediakan sarana dan prasarana bermain sambil belajar dengan tujuan mengurangi aktivitas  anak yang negatif
5)      Memberikan hadiah pada anak setiap kali ia bermain  tanpa menyaakiti orang lain atau tanpa berteriak
6)      Setiap kali anak melakukan tingkah laku menyimpang, jangan memberikan hukuman fisik, tetapi berilah hukuman dengan cara lain
7)      Mengatakan pada anak bahwa tingkah laku mengganggu orang lain, dengan cara yang tidak menyakitkan perasaan atau menimbulkan perkelahian
8)      Mengembangkan pertimbangan-pertimbangan sosial dalam diri anak, seperti membeerikan penjelasan tentang apa yang seharusnya dapat dilakukan untuk menghindari perkelahian, apa akibat dari tingkah laku menyimpang yang dilakukannya

Sumber:
Mayar,Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar