1. SINOPSIS
Permainan
“dore-dore puzzle” ini mengajak anak untuk bermain dengan menggabungan
permainan tradisionl yaitu dore, dengan permainan yang dapat mengembngkan
kognitif dan lokomotif dan objek kontrol. Disini anak berlomba untuk menyusun
puzzle dimana anak harus melewati beberapa rintangan sebelum dapat menyusun
puzzle.
Peratama-tama
anak memulaui permainan dengan merangkak, merayap. Setelah itu anak melakukan
permainan dore dengan melompati setiap kotak-kotak sesuai dengan bentuknya seperti
permainan dore tradisional pada umumnya.
Selanjutnya
untuk menyusun susunan puzzle, anak harus bisa memsasukkan bola kedalam
keranjang, disini setelah bola satu masuk kedalam keranjang, anak mengambil
satu puzzle yng ada didalam keranjang tersebut dan berlari di dekat menyusun
puzzle.
Setelah
itu anak kembali melakukan permainan itu dimulai dari awal kembali dengan
merangkak,merayap,dst... sampai seluruh kepingan puzzle terkumpul dengan
semupurna.
Permainan
diakhiri dengan siapa anak yang dulu menyusun kepingan puzzle dengn waktu yang
tercepat maka dialah pemenangnya.
2. IMAJINER
Dalam
permainan ini anak seolah-olah menjadi seorang petualang yang melalui berbagai
rintangan untuk mencapai tujuannya. Permainan ini seolah-olah menjadikan anak
seperti dora yang menjadi petualang namun tidak disertai petunjuk seperti peta.
Dalam pikirannya anak di mindset untuk menjadi seorang petualang yang harus
menyatukan kepingan-kepingan puzzel agar dapat mengetahui rahasia dibalik
kepingan-kepingan puzzle apakah puzzle itu sama bentuknya dengan gambar yang
ada pada petunjuknya.
3. Alat
dan Bahan
a. Tali
b. Bola
c. Keranjang
d. Pazel
e. Bendera
(merah,kuning dan hijau)
f. Lidi
g. pancang
4. Peraturan
Permainan
a. Pertama
anak merangkak dan merayap
b. Setelah
anak merangkak dan merayap, anak yang duluan tiba di permainan dore, maka anak
itu yang maju duluan untuk bermain dore, dan dilanjutkan dengan anak yang
lainnya yang telah melalui rintangan pertama
c. Selanjutnya
anak mengambil bola yang berda di bawah untuk dimasukkan didalam keranjang, di
dalam keranjang ini terdapat beberapa kepingan puzzle.
d. Setelah
anak bisa memasukkan bola kedalam keranjang, anak memngambil satu buah kepingan
puzzle.
e. Kemudian
dilanjutkan dengan berlari kembali kepermainan awal. Hingga semua puzzle
f. Akhir dari permainan, anak yang terlebih dahulu yang dapat menyusun
puzzle dialah yang menjadi pemenangnya.
5. Durasi
waktu ±30 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar