Sabtu, 20 Desember 2014

DORE-DORE PUZZLE

1.      SINOPSIS
Permainan “dore-dore puzzle” ini mengajak anak untuk bermain dengan menggabungan permainan tradisionl yaitu dore, dengan permainan yang dapat mengembngkan kognitif dan lokomotif dan objek kontrol. Disini anak berlomba untuk menyusun puzzle dimana anak harus melewati beberapa rintangan sebelum dapat menyusun puzzle.
Peratama-tama anak memulaui permainan dengan merangkak, merayap. Setelah itu anak melakukan permainan dore dengan melompati setiap kotak-kotak sesuai dengan bentuknya seperti permainan dore tradisional pada umumnya.
Selanjutnya untuk menyusun susunan puzzle, anak harus bisa memsasukkan bola kedalam keranjang, disini setelah bola satu masuk kedalam keranjang, anak mengambil satu puzzle yng ada didalam keranjang tersebut dan berlari di dekat menyusun puzzle.
Setelah itu anak kembali melakukan permainan itu dimulai dari awal kembali dengan merangkak,merayap,dst... sampai seluruh kepingan puzzle terkumpul dengan semupurna.
Permainan diakhiri dengan siapa anak yang dulu menyusun kepingan puzzle dengn waktu yang tercepat maka dialah pemenangnya.
2.      IMAJINER
Dalam permainan ini anak seolah-olah menjadi seorang petualang yang melalui berbagai rintangan untuk mencapai tujuannya. Permainan ini seolah-olah menjadikan anak seperti dora yang menjadi petualang namun tidak disertai petunjuk seperti peta. Dalam pikirannya anak di mindset untuk menjadi seorang petualang yang harus menyatukan kepingan-kepingan puzzel agar dapat mengetahui rahasia dibalik kepingan-kepingan puzzle apakah puzzle itu sama bentuknya dengan gambar yang ada pada petunjuknya.
3.      Alat dan Bahan
a.       Tali
b.      Bola
c.       Keranjang
d.      Pazel
e.       Bendera (merah,kuning dan hijau)
f.       Lidi
g.      pancang
4.      Peraturan Permainan
a.       Pertama anak merangkak dan merayap
b.      Setelah anak merangkak dan merayap, anak yang duluan tiba di permainan dore, maka anak itu yang maju duluan untuk bermain dore, dan dilanjutkan dengan anak yang lainnya yang telah melalui rintangan pertama
c.       Selanjutnya anak mengambil bola yang berda di bawah untuk dimasukkan didalam keranjang, di dalam keranjang ini terdapat beberapa kepingan puzzle.
d.      Setelah anak bisa memasukkan bola kedalam keranjang, anak memngambil satu buah kepingan puzzle.
e.       Kemudian dilanjutkan dengan berlari kembali kepermainan awal. Hingga semua puzzle
f.        Akhir dari permainan,  anak yang terlebih dahulu yang dapat menyusun puzzle dialah yang menjadi pemenangnya.
5.      Durasi waktu ±30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar