Sabtu, 20 Desember 2014

PERKEMBANGAN SOSIAL

1.      PENGERTIAN PERKEMBANGAN SOSIAL
Menurut plato secara potensial (fitrah)manusia dilahirkan sebagai makhluk social (zoon politicon).
Menurut syamsuddin (1995:105) mengungkapkan  bahwa sosialisasiawdalah proses balajar untuk menjadi makhluk social.
Menurut lore (1970:86) sosialiasasi merupakan suatu proses dimana individu (terutama) anak dilatih kepekaan dirinya terhadap rangsangan-rangsangansosial terutama tekanan-tekanan dan tuntutan kehidupan (kelompoknya) serta belajar bergaul dengan bertingkah laku, seperti orang lain di dalam lingkungan sosialnya.
Muhimin (1999:35) mengatakan bahwa perkembangan social merupakan proses pembentukan social self (pribadi dalam masyarakat), yakni pribadi dalam keluarga, budaya,bangsa, dan seterusnya.
Hurlock (1978:250) mengutarakan bahwa perkembangan social merupakan perolehan berprilaku yang sesuai dengan norma,nilai atauharapan social.

2.      CIRI-CIRI PERKEMBANGAN SOSIAL AUD
a.      Dapat menerima tanggung jawab sesuai dengan usianya
b.      Menikmati pengalamannya
c.       Mau menerima tanggung jawab sesuai dengan perannya.
d.      Mampu memecahkan masalah dengan segera
e.      Dapat melawan dan mengatasi hambatan untuk merasa bahagia
f.        Tahu bagaimana bermain pada saat bermain
g.      Dapat berkata ya pada situasi yang membantunya
h.      Dapat menunjukkan kemarahan ketika merasa terluka atau merasa haknya terganggu
i.        Dapat menunjukkan kasih saying
j.        Dapat menahan sakit dan frustasi bila diperlukan
k.       Dapat berkompromi ketika mengalami kesulitan
l.        Dapat mengonsentrasikan energinya pada tujuan

3.      FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SOSIAL AUD
a.      Factor lingkungan keluarga
·         Situs keluarga
·         Keutuhan keluarga
·         Sikap dankebiasaan orang tua
b.      Factor dari luar rumah
c.       Factor pengaruh pengalaman social anak

4.      USAHA-USAHA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL AUD
1.      Memberikan latar belakang kehidupan social yang aman dan penuhcinta bagi anak
2.      Meningkatkan kemandirian anak sesuai dengan kesiapan anak itu sendiri
3.      Menjadi figure yang baik bagi anak
4.      Mamberi kesempatan pada anak untuk bergabung dengan keluarganya,orang asing ataupun teman sebayanya.
5.      Melatih ank sadar perlunya dan penuh perhatian terhadap orang lain
6.      Melatih anak untuk meningkatkan keterampilannya dalam berbagai barang miliknya ataupun perasaan
7.      Jangan pernah mendorong anak untuk bersosialisasi pada saat ia belum siapmelakukannya,pemaksaanpada anakbelum siapmaka akan menarik iridari lingkungan.


Sumber:
Mayar,Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar