1. PENGERTIAN PERKEMBANGAN
SOSIAL
Menurut plato secara potensial (fitrah)manusia
dilahirkan sebagai makhluk social (zoon politicon).
Menurut syamsuddin (1995:105) mengungkapkan bahwa sosialisasiawdalah proses balajar untuk
menjadi makhluk social.
Menurut lore (1970:86) sosialiasasi merupakan suatu
proses dimana individu (terutama) anak dilatih kepekaan dirinya terhadap
rangsangan-rangsangansosial terutama tekanan-tekanan dan tuntutan kehidupan
(kelompoknya) serta belajar bergaul dengan bertingkah laku, seperti orang lain
di dalam lingkungan sosialnya.
Muhimin (1999:35) mengatakan bahwa perkembangan social
merupakan proses pembentukan social self (pribadi dalam masyarakat), yakni
pribadi dalam keluarga, budaya,bangsa, dan seterusnya.
Hurlock (1978:250) mengutarakan bahwa perkembangan
social merupakan perolehan berprilaku yang sesuai dengan norma,nilai
atauharapan social.
2. CIRI-CIRI PERKEMBANGAN
SOSIAL AUD
a.
Dapat menerima tanggung jawab sesuai
dengan usianya
b.
Menikmati pengalamannya
c.
Mau menerima tanggung jawab
sesuai dengan perannya.
d.
Mampu memecahkan masalah dengan
segera
e.
Dapat melawan dan mengatasi
hambatan untuk merasa bahagia
f.
Tahu bagaimana bermain pada
saat bermain
g.
Dapat berkata ya pada situasi
yang membantunya
h.
Dapat menunjukkan kemarahan
ketika merasa terluka atau merasa haknya terganggu
i.
Dapat menunjukkan kasih saying
j.
Dapat menahan sakit dan
frustasi bila diperlukan
k.
Dapat berkompromi ketika
mengalami kesulitan
l.
Dapat mengonsentrasikan energinya
pada tujuan
3. FAKTOR-FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN SOSIAL AUD
a.
Factor lingkungan keluarga
·
Situs keluarga
·
Keutuhan keluarga
·
Sikap dankebiasaan orang tua
b.
Factor dari luar rumah
c.
Factor pengaruh pengalaman
social anak
4. USAHA-USAHA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN
SOSIAL AUD
1.
Memberikan latar belakang
kehidupan social yang aman dan penuhcinta bagi anak
2.
Meningkatkan kemandirian anak
sesuai dengan kesiapan anak itu sendiri
3.
Menjadi figure yang baik bagi
anak
4.
Mamberi kesempatan pada anak untuk
bergabung dengan keluarganya,orang asing ataupun teman sebayanya.
5.
Melatih ank sadar perlunya dan
penuh perhatian terhadap orang lain
6.
Melatih anak untuk meningkatkan
keterampilannya dalam berbagai barang miliknya ataupun perasaan
7.
Jangan pernah mendorong anak
untuk bersosialisasi pada saat ia belum siapmelakukannya,pemaksaanpada
anakbelum siapmaka akan menarik iridari lingkungan.
Sumber:
Mayar,Farida
dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar
Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar