1.
PENGERTIAN EMOSI
Emosi adalah perasaan yang ada dalam diri
kita, dapat berupa perasaan senang atau tidak senang, perasaan baik atau buruk.
Dalam World Book Dictionary (1994:690) “berbagai perasaan yang kuat”. Perasaan
benci, takut marah, senang,dan kesedihan. Macam-macam persasan tersebut adalah
gambaran dari emosi. Golemean (1995:411) menyatakan bahwa emosi merujuk pada
suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya, suatu keadaan biologis dan
psikologis sserta serangkaian kecenderungan untuk bertindak. Syamsuddin
(1990:69) mengemukakan bahwa emosi adalah suatu suasana yang komplek dan
getaran jiwwa yang menyertai atau muncul sebelum atau sesudah terjadinya suat
perilaku.
Jadi, emosi merupakan suatu keadaan yang
komplek, dapat berupa perassaan ataupun getaran jiwa yang di tandai oleh
perubahan biologis yang muncul menyertai terjadinya suatu perilaku.
2.
CIRI-CIRI EMOSI AUD
a.
Reaksi emosi
pada anak sangat kuat
b.
Reaksi emosi
sering kali muncul pada peristiwa dengan cara yang di inginkan
c.
Reaksi emosi
anak midah aberubh dari satu kondisi ke kondisi lainnya.
d.
Reaksi emosi
bersifat individual
e.
Keadaan
emosi anak dapat dikenali melalui gejala tingkah laku yang ditampilkan.
3.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMOSI AUD
Sebab timbulnya reaksi emosi ada 3 hal:
-
Emosi yang berkaitan dengan perasaan (syaraf-syaraf jasmaniah)misal
perasaan dingin , panas, hangat, sejuk dan sebagainya.karena faktor fisik
diluar individu misalnya cuaca, kondisi ruangan
dan tempat individu berada.
-
Emosi dengan kondisi fisiologis, misalnya sakit, meriang,dan sebagainya hal
ini banyak dirasakan dari faktor kesehatan.
-
Emosi yang berkaitan dengan kondisi psikologis. Misalnya cinta, sayang,
benci dan sejenisnya. Munculnya emosi ini dipengaruhi oleh hubungan dengan
orang lain.
4.
USAHA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN EMOSI POSITIF
AUD
-
Orang tua dan guru serta orang dewasa lainnya dalam lingkungan anak
hendaknya dapat menjadi model dalam mengekspresikan emosi-emosi negatif,
sehingga tampilannya tidak meledak-ledak.
-
Adanya progarm latihan beremosi baik disekolah maupun di dalam keluarga,
misalnya dalam merespon dan menyikapi sesuatu yang tidak berjalan semestinya.
-
Mempelajari dan mendiskusikan secara mendalam kondisi-kondisi yang
cenderung menimbulkan emosi negatif, dan upaya-upaya menanggapinya seara lebih
baik.
Sumber:
Mayar,Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik.
Padang: UNP
Mudjiran,dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang:UNP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar