Sabtu, 20 Desember 2014

BAKAT KHUSUS

1.      PENGERTIAN BAKAT KHUSUS
Bakat khusus adalah kemampuan khusus yang perlu dilatih dan dikembangkan seperti bakat bahasas, musik, matematika, olahraga, seni, dan sebagainya.
Sedangkan pengertian anak berbakat anak berbakat adalah:
a.      Menurut Munandar (1982) yang dikutip U.S Office of Education: mereka yang diidentifikasikan oleh orang-orang profesional dimana anak tersebut karena kemampuannya yang sangat menonjol dapat memberi prestasi yang tinggi.
b.      Berdasarkan hasil Seminar Nasional alternatif pendidikan Anak berbakat (1981) adalah mereka yang oleh orang profesional sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena mempunyai kemampuan-kemampuan yaang unggul.
c.       Maeland dalam Gallagher (1985) adalah mereka yang diidentifikasikan oleh para ahli sebagai anak yang mempunyai potensi dan prestasi unggul.

2.      JENIS-JENIS  BAKAT KHUSUS
a.      Pemahaman verbal
b.      Kemampuan numerik
c.       Skolastik
d.      Bakat bahass
e.      Titik ruang atau berfikir tiga dimensi
f.        Pemahaman mekanik, dll

3.      HUBUNGAN ANTARA BAKAT KHUSUS DENGAN KREATIFITAS
Kemampuan seseorang rata-rata tidak hanya ditentukan oleh kecerdasannya yang tinggi. Contoh: seseorang yang punya bakat melukis tetapi tidak adanya kreativitas, dorongan dan semangat maka ia tak akan pernah berhasil dalam mengembangkan bakatnya. Sehingga ia sering gagal dan mengalami rintangan karena ia tak mau mencoba mencipta karya baru. Disamping intelegensi yang tinggi,ketekunan dan keuletan serta menyelesaikan pekerjaan  juga sebagai penentu untuk dapat meraih sukses. Tetapi yang paling penting dalam pengembangan bakat adalah harus disertai dengan kreativitas dari individu yang bersangkutan.

4.      HUBUNGAN ANTARA BAKAT KHUSUS DENGAN PRESTASI AKADEMIK
Anak yang memiliki bakat dan intelegensi yang tinggi dalam belajar maka ia mempunyai kelebihan dibanding teman-temannya yang lain. Ia lebih mudah mnyerap pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Dengan adanya intelegensi  yang tinggi dalam belajar maka ini akan sangat berpengaruh dalam prestasi belajarnya. Ia akn bisa menguasai pelajaran dengan cepat sehingga hasil akademiknya pun memuaskan. Anak yang berbakat dapat secara nyata mengaktualisasikan potensi yang ada pada dirinya.

5.      USAHA-USAHA GURU UNTUK MENGEMBANGKAN BAKAT KHUSUS
a.      Guru harus dapat berperan sebagai motivator, komunikator dan fasilitator
b.      Guru harus mampu menggunakan teknik-teknik dalam pemberian pelajaran
c.       Guru harus menciptakan suasana belajar yang menantang, merangsang
d.      Guru harus menciptakan rasa aman
e.      Guru harus menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sehingga anak dapat berekspresi secara optimal


Sumber:
Mayar, Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar