1. PENGERTIAN BAKAT KHUSUS
Bakat khusus adalah kemampuan khusus yang perlu dilatih
dan dikembangkan seperti bakat bahasas, musik, matematika, olahraga, seni, dan
sebagainya.
Sedangkan pengertian anak berbakat anak berbakat adalah:
a.
Menurut Munandar (1982) yang
dikutip U.S Office of Education: mereka yang diidentifikasikan oleh orang-orang
profesional dimana anak tersebut karena kemampuannya yang sangat menonjol dapat
memberi prestasi yang tinggi.
b.
Berdasarkan hasil Seminar
Nasional alternatif pendidikan Anak berbakat (1981) adalah mereka yang oleh
orang profesional sebagai anak yang mampu mencapai prestasi yang tinggi karena
mempunyai kemampuan-kemampuan yaang unggul.
c.
Maeland dalam Gallagher (1985)
adalah mereka yang diidentifikasikan oleh para ahli sebagai anak yang mempunyai
potensi dan prestasi unggul.
2. JENIS-JENIS BAKAT KHUSUS
a.
Pemahaman verbal
b.
Kemampuan numerik
c.
Skolastik
d.
Bakat bahass
e.
Titik ruang atau berfikir tiga
dimensi
f.
Pemahaman mekanik, dll
3. HUBUNGAN ANTARA BAKAT
KHUSUS DENGAN KREATIFITAS
Kemampuan seseorang rata-rata tidak hanya ditentukan
oleh kecerdasannya yang tinggi. Contoh: seseorang yang punya bakat melukis
tetapi tidak adanya kreativitas, dorongan dan semangat maka ia tak akan pernah
berhasil dalam mengembangkan bakatnya. Sehingga ia sering gagal dan mengalami
rintangan karena ia tak mau mencoba mencipta karya baru. Disamping intelegensi
yang tinggi,ketekunan dan keuletan serta menyelesaikan pekerjaan juga sebagai penentu untuk dapat meraih
sukses. Tetapi yang paling penting dalam pengembangan bakat adalah harus
disertai dengan kreativitas dari individu yang bersangkutan.
4. HUBUNGAN ANTARA BAKAT
KHUSUS DENGAN PRESTASI AKADEMIK
Anak yang memiliki bakat dan intelegensi yang tinggi
dalam belajar maka ia mempunyai kelebihan dibanding teman-temannya yang lain.
Ia lebih mudah mnyerap pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Dengan adanya
intelegensi yang tinggi dalam belajar
maka ini akan sangat berpengaruh dalam prestasi belajarnya. Ia akn bisa
menguasai pelajaran dengan cepat sehingga hasil akademiknya pun memuaskan. Anak
yang berbakat dapat secara nyata mengaktualisasikan potensi yang ada pada
dirinya.
5. USAHA-USAHA GURU UNTUK
MENGEMBANGKAN BAKAT KHUSUS
a.
Guru harus dapat berperan
sebagai motivator, komunikator dan fasilitator
b.
Guru harus mampu menggunakan
teknik-teknik dalam pemberian pelajaran
c.
Guru harus menciptakan suasana
belajar yang menantang, merangsang
d.
Guru harus menciptakan rasa
aman
e.
Guru harus menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif sehingga anak dapat berekspresi secara optimal
Sumber:
Mayar, Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar