1. PENGERTIAN
KREATIVITAS
Pengertian kreativitas berbagai pendapat dari
kathena (1982) merumusakn kreativitas menurut para ahli sebagai berikut:
a.
Proses
berpikir dengan menggunakan analogi (ribot, 1906)
b.
Proses
melihat ada hubungan antar ssatu hal dan lainnya (spearman, 1930)
c.
Proses
menyadari kesenjangan atau ketiadaan suatu elemen yang mengganggu menyusun
hipotesis berkenaan dengan hal-hal tersebut, menguji hipotesis itu.
Mengkomunikasikan hasil-hasilnya, dan mungkin mengubah serta menguji kembali
hipotesis yang telah dirumuskan semula. (torrance, 1962)
d.
Kemampuan
untuk mengembangkan hubungan kognitif
dalam kaitan dengan kriteria tertentu, hubungan tersebut banyak diantaranya
unik (wiiach dan kogan, 1965)
e.
Operasi
intelektual berkaitan dengan pemikiran devergensi, transformasi, redinifikasi,
kemampuan yang terus menerus digerakan
oleh kepekaak terhadap adanya masalah (guaford, 1967)
f.
Kekuatan
imajinasi untuk menyimpang dari
serangkaian persepsi ,ide, pemikiran serta perasaan, dan mengarahkan epada hubungan
baru yang bermakna (kathena torrance, 1973)
g.
Kemampuan
menggunakan simbol-simbol secara
original dan sesuai dengan nilai-nilai sosial
h.
Kemampuan
menganalisis dan menyimpulkan suatu persoalan (mussen dan russenberg,1973)
i.
Kemampuan-kemampuan
mental yaitu kemampuan mengubah pendekatan terhadap masalah yang dihadapi,
kemampuan menampilkan ide-ide yang baru dan terkait dengan suatu persoalan,
melihat lebih jauh suatu persoalan yang sedang dihadapi , merumuskan kembali
permasalahan dari berbagai aspek.
j.
Kemampuan
seseorang untuk mengaitkan pengalaman-pengalaman masa lampau dan menampilkannya
kembali dan pola, ide atau produk-produk baru. (dalam prayino, 1991)
Jadi, kreatif adalah kegiatan anak dalam menyalurkan
fikiran serta perassan dengan gagasan melalui suatu media seni dalam rangka
mengembangkan dirinya.
2. CIRI-CIRI
AUD KREATIF
·
Aspek-aspek
yang berhubungan dengan produk, yaitu apa dan berapa banyak karya-karya yang
dihasilkan oleh individu yang dimaksud.
·
Aspek
yang berhubungan dengan kepribadian, yaitu bagaimana penilaian terhadap
pribadi individu yang dimaksud oleh
kawan-kawannya
·
Aspek-aspek
yang berhubungan dengan proses, yaitu cara-cara apakah yang ditempuh dan
bagaimana erjadinya proses mental serta tingkah laku pada individu kreatif.
3. FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI TUMBUH KEMBANGNYA KREATIVITAS
Menurut David
campbel (mangunhardjono, 1986) :
a.
Faktor genetik
b.
Adanya keterbukaan dalam keluarga
c.
Adanya kebebasan psikologis
d.
Kehidupan yang sering berpindah-pindah
e.
Tersedianya fasilitas yang memadai untuk mengembangkan
bakat
f.
Keberanian dalam mengambil resiko
4. USAHA-USAHA
GURU UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS AUD
Konsep dan
pengembangan kreativitas menurut munandar (1996) bisa dilakukan dengan bertitik
tolak dengan pendekatan 4P yakni:
1)
Pribadi
Menekan
pad pemahaman bahwa anak adalah pribadi yang unik. Pendidikan haruslah
menghargai bakat dan minat khas dari setiap anak. Itu berati, anak perlu
kesempatan dan kebebasan mewujudkannya.
2)
Pendorong
Suatu
kondisi yang memungkinkan anak berperilaku kreatif. Tugas guru adalah
membimbing kegiatn tersebut, bukan mendiktenya atau memaksakan kehendaknya atau
anak harus membuat sesuatu sesuai dengan konsep orang dewasa. Seorang anak,
akan menggunakan dorongan kreatif dari akar yang mendalam, tidak mendapat
gangguan (diinterferensi ole dunia luar) maka ia yakin dengan bentuk ekspresi
diri sendiri. Anak yang dikekang atau
cara mengungkapkannya tidak dipaksakan menurut orang dewasa, maka anak itu
yakin kepada bentuk ekspresinya (tidak ragu-ragu menggunakan caranya sendiri)
3)
Proses
Lebih
menekankan pada pemahaman kemampuan anak menciptakan suatu yang baru, paling
tidak menemukan hubungan-hubungan jawaban antar unsur.
4)
Produk
Pada
anak yang masih dalm proses pertumbuhan, perlu mendapatkan penekanan jangan
menuntut produk kreativitas yang memenuhi standar tertentu, karena mengurangi
kenikmatan anak berkreasi. Anak TK yang
diharuskan mengikuti contoh gambar, mewarnai menurut contoh, menggunting
berdasarkan pola, produknya tidak bisa disebut hasil kreativitas.
Sumber:
Mayar,Farida
dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar
Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP.
Mudjiran,dkk. 2007. Perkembangan
Peserta Didik. Padang:UNP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar