1.
CIRI-CIRI PERKEMBANGAN MORAL AUD
Jean piaget mengamati ciri-ciri perkembangan moral anak sebagai berikut
·
Usia 2 tahun, anak bermain tidak
dengan anjuran yang dikendalikan aktivitas mereka (aktivitas motorik) tidak ada
kesadaran yang mengatur penggunaan permainan
·
2 – 6 tahun, anak mulai secara
berangsur-angsur sadar akan peraturan. Tapi ia menganggap peraturan itusuci
tidak dapat diganggu gugat pelaksanaan peraturannya bersifat egosentris artinya
ia hanya menirukan apa yang ia lihat.
·
Usia 7 – 10 tahun, anak mulai beralih
dari kesenangan psikomotor menuju pada tingkat kesadaran adanya kerangka aturan
yang disepakati.
·
Usia 7 - 12 tahun, anak
berkaembangmenujupada kemampuan berfikir abstrak dimana pada saat itu dirasakan
pentingnya aturan. Tindakan ada hal yangkecilpolos dari perhatian mereka
mungkin dapat mempengaruhi permainan mereka.
2. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PERKEMBANGAN MORAL AUD
-
Orang tua / guru
sebagai model
Dasar pandangan anak-anak di kontrol oleh perintah
orang tua, karena adanya pengakuan anak terhadap kewibawaan orang tua, bukan
karena ketakutan terhadap hukuman orang
tua.
-
Disiplin yang
diberikan orang tua
a.
Orang tua
otoriter akan melemahkan perkembangan moral anak
b.
orang tua yang
menerapkan disiplin induksi akan meningkatkan perkembangan moral anak
c.
orang tua yang
menerapkan disiplin penarikan cinta, menimbulkan pengaruh yang buruk atau
agresif
-
Interaksi dengan
teman sebaya
Piaget menyatakan bahwa interaksi dengan
teman sebaya dan kemampuan bermain peranan meningkatkan perkembangan moral
(dusek,1977)
Sumber:
Mayar,Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik. Padang:
UNP
Mudjiran,dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang:UNP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar