Sabtu, 20 Desember 2014

PERKEMBANGAN MORAL (LANJUTAN)

1.     CIRI-CIRI PERKEMBANGAN MORAL AUD
Jean piaget  mengamati ciri-ciri perkembangan  moral anak sebagai berikut
·         Usia 2 tahun, anak bermain tidak dengan anjuran yang dikendalikan aktivitas mereka (aktivitas motorik) tidak ada kesadaran yang mengatur penggunaan permainan
·         2 – 6 tahun, anak mulai secara berangsur-angsur sadar akan peraturan. Tapi ia menganggap peraturan itusuci tidak dapat diganggu gugat pelaksanaan peraturannya bersifat egosentris artinya ia hanya menirukan apa yang ia lihat.
·         Usia 7 – 10 tahun, anak mulai beralih dari kesenangan psikomotor menuju pada tingkat kesadaran adanya kerangka aturan yang disepakati.
·         Usia 7 - 12 tahun, anak berkaembangmenujupada kemampuan berfikir abstrak dimana pada saat itu dirasakan pentingnya aturan. Tindakan ada hal yangkecilpolos dari perhatian mereka mungkin dapat mempengaruhi permainan mereka.

2.     FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MORAL AUD
-          Orang tua / guru sebagai model
Dasar pandangan anak-anak di kontrol oleh perintah orang tua, karena adanya pengakuan anak terhadap kewibawaan orang tua, bukan karena ketakutan terhadap  hukuman orang tua.
-          Disiplin yang diberikan orang tua
a.       Orang tua otoriter akan melemahkan perkembangan moral anak
b.      orang tua yang menerapkan disiplin induksi akan meningkatkan perkembangan moral anak
c.       orang tua yang menerapkan disiplin penarikan cinta, menimbulkan pengaruh yang buruk atau agresif
-          Interaksi dengan teman sebaya
Piaget menyatakan bahwa interaksi dengan teman sebaya dan kemampuan bermain peranan meningkatkan perkembangan moral (dusek,1977)

 Sumber:
Mayar,Farida dan Rivda Yetti. 2010. Bahan Ajar Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP
Mudjiran,dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Padang:UNP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar