Jumat, 05 Desember 2014

Pendidikan Anak Usia Dini di Swedia



Biaya sekolah disubsidi pemerintah, orang tua tidak perlu membayar lebih dari $170 (Rp 1,6 juta) per bulan. Dan ketika anak menginjak usia 4 tahun, mereka dijamin belajar di preschool 3 jam setiap hari gratis.
- Ruang Kelas. Gedung sekolah di Swedia biasanya satu lantai berwana kuning atau merah, dilengkapi dengan taman bermain, indoor gym, dapur untuk masing-masing kelas, dan banyak ruangan berjendela dalam dan pintu yang saling menghubungkan.
- Belajar Alami. Warga Swedia sangat peduli lingkungan dan konservasi alam. Anak-anak tidak hanya belajar tentang alam, mereka juga belajar di luar ruangan setiap hari, tidak peduli udara dingin atau salju. Sebisa mungkin, taman bermain memiliki unsur alam seperti batu untuk dipanjat atau pohon untuk bersembunyi.
- Persamaan Hak. Salah satu program prasekolah di Swedia adalah menghapus stereotip jender. Jangan heran jika anda melihat anak laki-laki menata meja makan sementara anak perempuan meratakan tanah.
- Lepas Sepatu. Demi menjaga kebersihan, semoa orang memakai alas kaki dalam ruangan. Anak-anak bisa mengenakan sandal atau sepatu kets sementara guru memakai birkenstocks atau klompen.
- Makanan. Murid prasekolah menyantap makan siang dalam sebuah meja bersama, dilengkapi lilin! tidak ada sereal manis. menu sarapan biasanya kaviar dengan mentega dan roti.
- Tradisi. Tidak heran orang swedia terkenal mahir memijat. Terkadang murid prasekolah diajarkan cara memijat sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap orang lain.

sumber: http://www.titoyulianto.com/pendidikan-anak-usia-dini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar