Jumat, 05 Desember 2014

Pendidikan Anak Usia Dini di China



China merupakan negara yang luas dan heterogen (tercatat 130 anak di bawah usia 7 tahun) sehingga pengelolaan prasekolah sangat bervariasi. Hampir semua anak yang tinggal di kota bersekolah sejak usia 3-5 tahun, tetapi secara nasional, jumlah anak yang bersekolah hanya 40 presen.
- Pemerataan. Pemerintah China berusaha memberikan akses pendidikan kepada anak yang tinggal di daerah pedesaan dengan menyediakan kelas prasekolah akhir pekan atau selama liburan, dan mobil karavan bagi anak pendeta.
- Pembentukan Karakter. Anak-anak mempelajari sekitar 200 huruf China, berhitung dengan angka di bawah 100, dan berbagai keterampilan seperti tata krama dan cara mencuci tangan. Para guru juga mengajarkan seni peran, melukis, menyanyi, dan menari.
- Udara Segar. Anak menghabiskan waktu 2-3 jam di luar ruangan setiap hari, mengikuti berbagai jenis permainan.
- Saya Lapar! Murid prasekolah di China punya ahli gizi yang menyiapkan makanan untuk semua anak.
- Baju Seragam. Semua murid mengenakan pakaian seragam berwarna senada saat pergi kunjungan lapangan atau mengikuti kegiatan olah raga.
- Menginap. Jika orang tua sibuk bekerja, beberapa anak tinggal di asrama prasekolah. Mereka pulang pada pertengahan dan akhri pekan.

sumber: http://www.titoyulianto.com/pendidikan-anak-usia-dini/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar